Soal UTS/MID Kelas 6 PKN Semester 1 Tahun 2019
28 Oktober 2019
1 Comment
ULANGAN TENGAH SEMESTER
Mata Pelajaran : PKN
Kelas : VI (Enam)
Berilah tanda silang ( X ) pada salah satu huruf a, b, c, atau d, didepan jawaban yang paling tepat!
1. Dasar negara yang menjadi alat pemersatu bangsa Indonesia adalah .........
a. Pancasila
b. UUD 1945
c. Garuda Pancasila
d. Bhineka Tunggal Ika
2. Konsekuesi logis sebagai warga negara Indonesia yang mengakui serta meyakini Pancasila sebagai dasar negara dan sumber nilai adalah ......
a. Mengimplementasikan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan sehari – hari
b. Memaksa kehendak kepada orang lain ketika musyawarah ....
c. Menjadikan Pancasila sebagai sumber negara
d. Patuh tetapi dengan syarat – syarat tertentu
3. Bermusyawarah untuk mufakat dengan diliputi semangat kekeluargaan adalah penerapan sila ....... Pancasila.
a. Kedua
b. Ketiga
2. Konsekuesi logis sebagai warga negara Indonesia yang mengakui serta meyakini Pancasila sebagai dasar negara dan sumber nilai adalah ......
a. Mengimplementasikan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan sehari – hari
b. Memaksa kehendak kepada orang lain ketika musyawarah ....
c. Menjadikan Pancasila sebagai sumber negara
d. Patuh tetapi dengan syarat – syarat tertentu
3. Bermusyawarah untuk mufakat dengan diliputi semangat kekeluargaan adalah penerapan sila ....... Pancasila.
a. Kedua
b. Ketiga
c. keempat
d. kelima
4. Berikut yang termasuk kedalam makna dari Pancasila sila pertama adalah ........
a. Memaksakan suatu individu terhadap suatu agama atau kepercayaan
b. Memberikan suatu kepada orang lain karena memang sesuatu itu merupakan haknya
c. Mengembangkan sikap menghormati antar umat beragama
d. Menyetarakan masyarakat berdasarkan Pancasila
5. Perilaku berikut yang menghargai hak azasi manusia adalah ......
a. Bergaul dengan pilih kasih
b. Memaksakan kehendak pada teman
4. Berikut yang termasuk kedalam makna dari Pancasila sila pertama adalah ........
a. Memaksakan suatu individu terhadap suatu agama atau kepercayaan
b. Memberikan suatu kepada orang lain karena memang sesuatu itu merupakan haknya
c. Mengembangkan sikap menghormati antar umat beragama
d. Menyetarakan masyarakat berdasarkan Pancasila
5. Perilaku berikut yang menghargai hak azasi manusia adalah ......
a. Bergaul dengan pilih kasih
b. Memaksakan kehendak pada teman
c. menolong mengharapkan imbalan
d. Tidak memperbudak teman
6. Sikap yang baik ketika bermusyawarah adalah .......
a. Tidak berani mengajukan pendapat
b. Menghormati pendapat teman dekat saja
6. Sikap yang baik ketika bermusyawarah adalah .......
a. Tidak berani mengajukan pendapat
b. Menghormati pendapat teman dekat saja
c. memaksakan pendapat kepada orang lain
d. menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan kita
7. Berikut yang merupakan contoh penerapan sila kelima pancasila .....
a. Selalu berdo’a ketika memulai suatu kegiatan
b. Musyawarah pembagian tugas kerja anggota keluarga
c. Meningkatkan semangat kekeluargaan dan gotong royong
d. Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara
8. Dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi bersama, kita hendaknya bermusyawarah, sesuai dengan pancasila sila ke .........
a. Pertama
b. Kedua
7. Berikut yang merupakan contoh penerapan sila kelima pancasila .....
a. Selalu berdo’a ketika memulai suatu kegiatan
b. Musyawarah pembagian tugas kerja anggota keluarga
c. Meningkatkan semangat kekeluargaan dan gotong royong
d. Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara
8. Dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi bersama, kita hendaknya bermusyawarah, sesuai dengan pancasila sila ke .........
a. Pertama
b. Kedua
c. ketiga
d. keempat
9. Berikut yang merupakan penerapan sila pertama pancasila adalah .....
a. Menghormati pemeluk agama lain
b. Mengikuti ibadah pemeluk agama lain
c. Mencampur aduk agama satu dengan yang lain
d. Merayakan hari besar beberapa agama secara kebersamaan
10. Agar nilai – nilai Pancasila tetap hidup dan berkembang dalam kehidupan sehari – hari seharusnya pancasila.....
a. Dihapal sampai luar kepala
b. Dihayati dengan perenungan yang mendalam
c. Dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari – hari
d. Sering dijadikan materi utama dalam setiap perlombaan
11. Perhatikan hal-hal berikut !
1. Tidak memaksa kehendak kepada orang lain
2. Musyawarah mufakat
3. Tidak boros
4. Suka berkerja keras
Contoh penerapan sila kelima pancasila ditunjukkan oleh nomor .....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
9. Berikut yang merupakan penerapan sila pertama pancasila adalah .....
a. Menghormati pemeluk agama lain
b. Mengikuti ibadah pemeluk agama lain
c. Mencampur aduk agama satu dengan yang lain
d. Merayakan hari besar beberapa agama secara kebersamaan
10. Agar nilai – nilai Pancasila tetap hidup dan berkembang dalam kehidupan sehari – hari seharusnya pancasila.....
a. Dihapal sampai luar kepala
b. Dihayati dengan perenungan yang mendalam
c. Dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari – hari
d. Sering dijadikan materi utama dalam setiap perlombaan
11. Perhatikan hal-hal berikut !
1. Tidak memaksa kehendak kepada orang lain
2. Musyawarah mufakat
3. Tidak boros
4. Suka berkerja keras
Contoh penerapan sila kelima pancasila ditunjukkan oleh nomor .....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
12. Prilaku yang mencerminkan penerapan sila ketiga Pancasila adalah .......
a. Bangga membeli dan memakai produk dalam negeri
b. Menjaga keseimbangan anata hak dan kewajiban
c. Tidak merendakan dan menyakiti hati orang lain
d. Menghormati hak – hak orang lain
13. Menghormati pendapat orang lain saat bermusyawarah , merupakan contoh penerapan sila ..... Pancasila.
a. Pertama
b. Kedua
12. Prilaku yang mencerminkan penerapan sila ketiga Pancasila adalah .......
a. Bangga membeli dan memakai produk dalam negeri
b. Menjaga keseimbangan anata hak dan kewajiban
c. Tidak merendakan dan menyakiti hati orang lain
d. Menghormati hak – hak orang lain
13. Menghormati pendapat orang lain saat bermusyawarah , merupakan contoh penerapan sila ..... Pancasila.
a. Pertama
b. Kedua
c. ketiga
d. keempat
14. Kegiatan berikut yang dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat adalah ..
a. Melakukan kegiatan yang dapat mengharumkan nama bangsa
b. Suka bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan
c. Membeli hasil produksi dalam negeri
d. Berani membela kebenaran dan keadilan
15. Perilaku yang mencerminkan penerapan sila kedua pancasila adalah ....
a. Menjunjung tinggi persatuanh dan kesatuan
b. Bangga memakai produk dalam negeri
c. Bersikap sopan kepada orang lain
d. Tidak bergaya hidup mewah
16. Mensyukuri anuggrah Tuhan Yang Maha Esa termasuk pengalaman sila .....
a. Pertama
b. Kedua
14. Kegiatan berikut yang dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat adalah ..
a. Melakukan kegiatan yang dapat mengharumkan nama bangsa
b. Suka bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan
c. Membeli hasil produksi dalam negeri
d. Berani membela kebenaran dan keadilan
15. Perilaku yang mencerminkan penerapan sila kedua pancasila adalah ....
a. Menjunjung tinggi persatuanh dan kesatuan
b. Bangga memakai produk dalam negeri
c. Bersikap sopan kepada orang lain
d. Tidak bergaya hidup mewah
16. Mensyukuri anuggrah Tuhan Yang Maha Esa termasuk pengalaman sila .....
a. Pertama
b. Kedua
c. ketiga
d. keempat
17. Contoh perbuatan berikut yang tidak baik menghormati pemeluk agama lain ...
a. Selalu curiga kepada teman yang beragama lain
b. Saling bersahabat meskipun berbeda agama
c. Membiarkan teman yang sedang berdo’a
d. Tidak mengajak bermain saat teman harus beribadah
18. Dlam kehidupan sehari – hari kita harus menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan . Hal ini sejalan dengan penerapan Pancasila , sila ke .....
a. Pertama
b. Kedua
17. Contoh perbuatan berikut yang tidak baik menghormati pemeluk agama lain ...
a. Selalu curiga kepada teman yang beragama lain
b. Saling bersahabat meskipun berbeda agama
c. Membiarkan teman yang sedang berdo’a
d. Tidak mengajak bermain saat teman harus beribadah
18. Dlam kehidupan sehari – hari kita harus menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan . Hal ini sejalan dengan penerapan Pancasila , sila ke .....
a. Pertama
b. Kedua
c. ketiga
d. keempat
19. Sikap kita terhadap seseorang yang beragama lain adalah .....
a. Tidak mau tahu dengan orang lain yang beragama lain
b. Tetap berteman, tetapi tidak sebaik terhadap teman seagama
c. Harus menjaga jarak agar tidak terpengaruh dengan agama lain
d. Tidak membedakan agama yang satu dengan yang lain
20. Berikut yang merupakan contoh menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan .....
a. Memperlakukan setiap orang sesuai dengan jabatannya
b. Lebih mengutamakan menurut hak dari pada melaksanakan kewajiban
c. Memberikan hak warga sesuai dengan tingkat kepatuhan mereka terhadap pemerintah
d. Memperlakukan setiap orang sesuai harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa
21. Meskipun berbeda suku, kita harus hidup damai berdampingan dan saling menjaga ....
a. Persatuan
b. Kesatuan
19. Sikap kita terhadap seseorang yang beragama lain adalah .....
a. Tidak mau tahu dengan orang lain yang beragama lain
b. Tetap berteman, tetapi tidak sebaik terhadap teman seagama
c. Harus menjaga jarak agar tidak terpengaruh dengan agama lain
d. Tidak membedakan agama yang satu dengan yang lain
20. Berikut yang merupakan contoh menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan .....
a. Memperlakukan setiap orang sesuai dengan jabatannya
b. Lebih mengutamakan menurut hak dari pada melaksanakan kewajiban
c. Memberikan hak warga sesuai dengan tingkat kepatuhan mereka terhadap pemerintah
d. Memperlakukan setiap orang sesuai harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa
21. Meskipun berbeda suku, kita harus hidup damai berdampingan dan saling menjaga ....
a. Persatuan
b. Kesatuan
c. persatuan dan kesatuan
d. budaya
22. Contoh penerapan hidup rukun yang baik di lingkungan sekaolah adalah .....
a. Kerja bakti membangun
b. Gotong royong membangun jembatan
22. Contoh penerapan hidup rukun yang baik di lingkungan sekaolah adalah .....
a. Kerja bakti membangun
b. Gotong royong membangun jembatan
c. saling membantu piket kelas
d. kerjasama dalam ujian sekolah
23. Bekerja sama dapat membuat pekerjaan menjadi lebih ....
a. Rumit
b. Berat
23. Bekerja sama dapat membuat pekerjaan menjadi lebih ....
a. Rumit
b. Berat
c. mudah
d. mrembosankan
24. Kerjasama para pahlawan dilakukan untuk ....
a. Menjaga negara lain
b. Memperoleh dan mempertahankan kemerdekaan
c. Menyerang negara lain
d. Membantu negara lain mendapatkan kemerdekaan
25. Persatuan dalam keberagaman merupakan modal utama dalam mencapai .....
a. Kesadaran negara
b. Pelaksanaan kewajiban warga negara
24. Kerjasama para pahlawan dilakukan untuk ....
a. Menjaga negara lain
b. Memperoleh dan mempertahankan kemerdekaan
c. Menyerang negara lain
d. Membantu negara lain mendapatkan kemerdekaan
25. Persatuan dalam keberagaman merupakan modal utama dalam mencapai .....
a. Kesadaran negara
b. Pelaksanaan kewajiban warga negara
c. peningkatan rasa solidaritas
d. masyarakat sejahtera
26. Contoh perilaku menjaga persatuan dan keastuan bangsa adalah ....
a. Ikut berjuang melawan penjajah
b. Rukun terhadap teman dan sanak saudara
c. Menghormati guru dan orang yang lebih tua
d. Menjenguk teman yang sakit di rumah sakit
27. Sikap yang merupakan kerukunan di masyarakat adalah ....
a. tidak pernah ikut gotong royong
b. tidak pernah menegur tetangga
26. Contoh perilaku menjaga persatuan dan keastuan bangsa adalah ....
a. Ikut berjuang melawan penjajah
b. Rukun terhadap teman dan sanak saudara
c. Menghormati guru dan orang yang lebih tua
d. Menjenguk teman yang sakit di rumah sakit
27. Sikap yang merupakan kerukunan di masyarakat adalah ....
a. tidak pernah ikut gotong royong
b. tidak pernah menegur tetangga
c. selalu bermasyarakat dan ramah terhadap siapapun diligkungan
d. acuh tak acuh
28. Berikut niali –nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan, kecuali ......
a. Semangat persatuan dan kesatuan
b. Saling menghormati dan menghargai
28. Berikut niali –nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan, kecuali ......
a. Semangat persatuan dan kesatuan
b. Saling menghormati dan menghargai
c. menghargai pendapat orang lain
d. mendahulukan dan kepentingan pribadi
29. Salah satu manfaat kerjasama yang paling tepat adalah ....
a. Membina kerukunan
b. Menimbulkan kedengkian
29. Salah satu manfaat kerjasama yang paling tepat adalah ....
a. Membina kerukunan
b. Menimbulkan kedengkian
c. meningkatkan kekayaan
d. memicu perselisihan
30. Sikap para pejuang kemerdekaan yang perlu kita teladani diantaranya adalah .....
a. Mengunggulkan daerah masing – masing
b. Berdebat memilih calon pemimpin
c. Mengutamakan pendapat generasi tua
d. Bersatu dalam semua perdebatan
31. Sikap ketika di sekolah yang mencerminkan menghargai perbedaan adalah .....
a. Berteman dengan semua siswa di kelas
b. Memilih teman yang seagama saja
c. Mencari teman yang kaya saja
d. Tidak mau bermain dengan yang berbeda daerah
32. Contoh perbuatan meneladani sikap pahlawan membina persatuan dan kesatuan saat di sekolah adalah ......
a. Mengerjakan soal ujian bersama – sama
b. Membantu teman mengerjakan soal ulangan harian
c. Membersihkan lingkungan sekolah bersama – sama
d. Bersama – sama memperbaiki jembatan
33. Mira dan Lina berasal dari daerah yang berbeda . Sikap mereka di sekolah adalah ....
a. Bertengkar
b. Bermusuhan
30. Sikap para pejuang kemerdekaan yang perlu kita teladani diantaranya adalah .....
a. Mengunggulkan daerah masing – masing
b. Berdebat memilih calon pemimpin
c. Mengutamakan pendapat generasi tua
d. Bersatu dalam semua perdebatan
31. Sikap ketika di sekolah yang mencerminkan menghargai perbedaan adalah .....
a. Berteman dengan semua siswa di kelas
b. Memilih teman yang seagama saja
c. Mencari teman yang kaya saja
d. Tidak mau bermain dengan yang berbeda daerah
32. Contoh perbuatan meneladani sikap pahlawan membina persatuan dan kesatuan saat di sekolah adalah ......
a. Mengerjakan soal ujian bersama – sama
b. Membantu teman mengerjakan soal ulangan harian
c. Membersihkan lingkungan sekolah bersama – sama
d. Bersama – sama memperbaiki jembatan
33. Mira dan Lina berasal dari daerah yang berbeda . Sikap mereka di sekolah adalah ....
a. Bertengkar
b. Bermusuhan
c. berteman baik
d. berselisih
34. Landasan tercipta persatuan adalah ....
a. Kekayaan
b. Kerukunan
34. Landasan tercipta persatuan adalah ....
a. Kekayaan
b. Kerukunan
c. pendidikan
d. kemakmuran
35. Pepatah untuk menggambarkan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa adalah .....
a. Berbeda – beda tetapi tetap satu jua
b. Bhineka tunggal ika
35. Pepatah untuk menggambarkan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa adalah .....
a. Berbeda – beda tetapi tetap satu jua
b. Bhineka tunggal ika
c. bersatu kita teguh bercerai kita runtuh
d. berakit-rakit ke hulu berenang ketepian
36. Keragaman suku bangsa di Indonesia .......
a. Akan merugikan
b. Memperkaya
36. Keragaman suku bangsa di Indonesia .......
a. Akan merugikan
b. Memperkaya
c. menghancurkan
d. mempersulit
37. Setiap kelompok membutuhkan ..............agar dapat menyelesaikan tugas dengan baik
a. Perkelahian
b. Kerjasama
37. Setiap kelompok membutuhkan ..............agar dapat menyelesaikan tugas dengan baik
a. Perkelahian
b. Kerjasama
c. permusuhan
d. persatuan
38. Akibat yang timbul jika tidak menghargai adanya perbedaan adalah .....
a. Terjadinya permusuhan dan perpecahan
b. Adanya persaingan dalam lomba
38. Akibat yang timbul jika tidak menghargai adanya perbedaan adalah .....
a. Terjadinya permusuhan dan perpecahan
b. Adanya persaingan dalam lomba
c. terbentuknya polisi dan tentara
d. terjadinya keraguan dan perselisihan
39. Dio berambut keriting, Roni berambut lurus dan Anto berambut ikal, sikap yang tepat dalam menjalin pertemanan dari kondisi tersebut .....
a. Percaya bahwa rambut lurus harus paling dihormati
b. Bangga jika rambutnya ikal karena paling menarik
c. Mengaku bahwa keriting paling unik
d. Saling menghormati karena semua jenis rambut ciptaan Tuhan.
40. Perhatikan hal – hal berikut .
1. Sikap suka rela
2. Kemandirian
3. Kebersamaan
4. Individualis
Manfaat dari nilai – nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan ditunjukkan pada nomor ....
a. 1 dan 2
39. Dio berambut keriting, Roni berambut lurus dan Anto berambut ikal, sikap yang tepat dalam menjalin pertemanan dari kondisi tersebut .....
a. Percaya bahwa rambut lurus harus paling dihormati
b. Bangga jika rambutnya ikal karena paling menarik
c. Mengaku bahwa keriting paling unik
d. Saling menghormati karena semua jenis rambut ciptaan Tuhan.
40. Perhatikan hal – hal berikut .
1. Sikap suka rela
2. Kemandirian
3. Kebersamaan
4. Individualis
Manfaat dari nilai – nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan ditunjukkan pada nomor ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
Isilah titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Pancasila berasal dari bahasa . . .
2. Bentuk kegiatan yang dilakukan secara bersama – sama untuk mencapai tujuan bersama – sama disebut . . .
3. Kegiatan musyawarah untuk mufakat diliputi dengan semangat . . .
Isilah titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Pancasila berasal dari bahasa . . .
2. Bentuk kegiatan yang dilakukan secara bersama – sama untuk mencapai tujuan bersama – sama disebut . . .
3. Kegiatan musyawarah untuk mufakat diliputi dengan semangat . . .
4. Kita harus mementingkan kepentingan umum di atas kepentingan . . .
5. Sebutkan tiga contoh kerukunan yang terjadi di sekolah . . .
5. Sebutkan tiga contoh kerukunan yang terjadi di sekolah . . .
6. Sebutkan tiga contoh perilaku yang sesuai dengan sila pertama . . .
7. Apa yang dimaksud hidup rukun . . .
8. Sikap kelompok membutuhkan . . . agar dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
9. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia merupakan kewajiaban . . .
10. Sebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap persatuan dan kesatuan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia adalah . . .
7. Apa yang dimaksud hidup rukun . . .
8. Sikap kelompok membutuhkan . . . agar dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
9. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia merupakan kewajiaban . . .
10. Sebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap persatuan dan kesatuan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia adalah . . .
Makasih banyak, semoga menjadi amal jariah Bapak/ibu
BalasHapus